Saat kita menonton televisi atau mendengarkan radio kita selalu melihat atau mendengarkan iklan, bahkan di tepi jalan pun banyak iklan yang dapat kita lihat. Nah, apa itu iklan?
Pengertian Iklan
Secara umum, pengertian iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak.
Tujuan Iklan
- Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, lowongan kerja, kegiatan, ataupun suatu ide.
- Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
- Membangun citra yang baik terhadap suatu produk, merek, dan perusahaan di mata masyarakat.
- Untuk meningkatkan angka penjualan suatu produk, baik itu barang maupun jasa.
Fungsi Iklan
a. Media informatif, media yang menyampaikan informasi sebuah produk.
b. Media persuasive, media untuk mengajak, mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
c. Media pengingat, digunakan sebagai media untuk mengingatkan para pemakai atau konsumen agar terus berlangganan memakai produk tersebut.
d. Memberikan nilai tambah suatu barang/jasa
Manfaat Iklan
- Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.
- Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
- Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
- Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.
Struktur dalam Teks Iklan
a. Judul
b. Nama Produk
c. Deskripsi Produk, biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon) yang dapat dihubungi
Unsur-Unsur Iklan
a. Nama produk.
b. Gambar yang menarik.
c. Kalimat iklan.
d. Keunggulan produk.
e. Harga produk.
f. Nomor telepon.
g. Alamat pengiklan.
Ciri-Ciri Bahasa Iklan
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Menggunakan kata konotasi positif.
3. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya mengajak atau persuasif.
4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Jenis Iklan berdasarkan Isi
1. Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman
- Jenis iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan: Iklan berita duka cita, iklan reuni alumni sekolah.
2. Iklan Penawaran
- Iklan jenis ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran:
- Iklan penawaran barang, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
- Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa cuci mobil, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.
3. Iklan Layanan Masyarakat
- Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
Jenis Iklan berdasarkan Media yang Dipakai
1. Iklan media cetak
Jenis iklan ini dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain.Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.
2. Iklan media elektronik
Jenis iklan ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Contohnya:
Jenis Iklan berdasarkan Tujuannya
1. Iklan komersil
Tujuan iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan.
Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu:
- Iklan konsumen: ditujukan pada konsumen akhir suatu produk.
- Iklan Bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
- Iklan Profesional: ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional.
2. Iklan nonkomersil
Jenis iklan non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.
Iklan akan dibuat semenarik mungkin agar setiap orang yang melihat atau mendengarnya minimal mengenal produk yang ditawarkan, meski tujuan akhir dari iklan khusunya iklan komersil adalah agar orang mau membeli produk yang ditawarkan.
Bahkan untuk membuatnya tampak menarik, sekarang iklan di media elektronik yang memiliki unsur audio dan video, iklan dibuat seperti sebuah cerita pendek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hanya komentar membangun yang diterima, diharapkan tidak ada titipan link di sini