Minggu, Oktober 22, 2023

PPG DALAM JABATAN TAHUN 2023

| Minggu, Oktober 22, 2023
    Program Pendidikan Kuliah PPG Dalam Jabatan sebuah produk pemerintah yang ditujukan untuk guru guru seluruh Indonesia untuk mendapatkan keabsahan sebagai seorang pendidik dengan diberikannya sebuah seeetifikat sebagai pendidik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu seorang guru pada khususnya dan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia pada umumnya. Program ini dituang dalam sebuah undang undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Beberapa persyaryarat administrasi yang harus dilalaui seorang guru untuk mendaftar sebagai calon peserta PPG, di mana guru yang menjadi calon peserta harus terdaftar dalam Data Pokok Pendidik / Dapodik. 
    Salah satu persyaratannya yaitu guru telah menempuh sarjana S1 yang linier dengan kelas yang diampu dan sudah memiliki pengalaman mengajar di sebuah sekolah, baik itu sekolah berstatus negeri maupun swasta. Setelah lolos dari persyaratan administrasi, guru diundang untuk mengikuti Ujian Kompetensi Guru  yang dalam beberapa tahun belakangan diadakan secara daring. Setelah lolos UKG maka guru tinggal menunggu panggilan untuk mengikuti sebuah perkuliah di LPTK - LPTK yang ditunjuk pemerintah.  

    Dalam proses yang panjang ini, guru yang dipanggil sebagai peserta PPG ditempatkan di sebuah LPTK dan melaksanakan perkuliahan secara daring. Di tahun 2023 ini khususnya pada PPG Daljab Kategori 1 angkatan 2 tahun 2023, PPG dilaksanakan dalam 57 hari dan terbagi menjadi 2 siklus pembelajaran yang wajib diikuti guru sebagai mahasiswa di LPTK yang telah ditunjuk.  sebuah impian kebanyakan guru di Indonesia.  Dalam setiap siklus ada 3 alur yang dilalui mahasiswa yaitu Pendalaman Materi, Perancangan Pembelajaran dan Praktik Pengalaman Lapangan. 







Dalam siklus sikuls tersebut mahasiswa diminta untuk mengerjkan Lembar Kerja yang merupakan kewajiban setelah diberikannya materi oleh dosen dan guru pamong masing-masing kelas. 

    Perlu diperhatikan, bahwa setiap jadwal yang telah dirancang tidak boleh terlewati untuk dapat mengikuti alur berikutnya. Termasuk presensi yang dilakukan setiap hari. Waktu belajar di tahun 2023 ini dari hari Senin hingga Sabtu. Sehingga selain tugas atau LK yang wajib disetorkan, untuk presensi jpun sama, jangan sampai 1 haripun mahasiswa terlewat melakukan presensi yang terdapat di LMS masing-masing LPTK agar dapat lanjut ke proses berikutnya. 

Demikiannya secara singkat saya bagikan pengalaman saya saat mengikuti PPG Dalam Jabatan di tahun 2023 ini. Semoga semua guru-guru yang saat ini sedang melaksanakan PPG dapat lulus dengan hasil yang baik. 

Berikut ini saya lampirkan beberapa LK di siklus 1 pada alur yang telah saya kerjakan, ini hanya contoh karena akan disesuaikan dengan kondisi kelas dan sekolah bapak/ibu guru masing-masing. 





























Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanya komentar membangun yang diterima, diharapkan tidak ada titipan link di sini